Consumer Behavior No 2 : Melihat Sekilas Proses Pengambilan Keputusan Konsumen

            Pada dasarnya proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh konsumen terdiri atas 5 tahap atau langkah.Penjelasan lebih mendalam mengenai proses ini akan dibahas secara lebih mendetail pada tulisan-tulisan berikutnya,akan tetapi saya melihat penting kiranya untuk melihat proses ini secara singkat pada pertemuan kali ini.

Gambaran umum ini akan membantu anda untuk memahami bagaimana perilaku konsumen mempengaruhi keputusan yang dilakukan terkait dengan pembelian barang atau jasa.Secara umum langkah-langkah yang harus dilalui adalah sebagai berikut :

  1. Konsumen menyadari akan adanya suatu kebutuhan.Proses ini membutuhkan suatu pemicu baik yang datang dari diri sendiri (internal) atau dari luar (eksternal)
  2. Setelah kebutuhan diidentifikasi,konsumen melalui suatu proses untuk mencari solusi yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.Pencarian ini meliputi identifikasi kriteria yang penting atau dianggap penting bagi konsumen itu sendiri.Kemudian,konsumen akan mencari pilihan yang dapat menjadi solusi akan masalahnya.
  3. Konsumen melakukan evaluasi terhadap alternatif atau pilihan-pilihan yang ada.Konsumen menggunakan informasi yang ia dapatkan di langkah kedua dan memproses informasi tersebut dalam rangka melakukan evaluasi pilihan-pilihan mereka dan mengambil keputusan.
  4. Konsumen melakukan pembelian berdasarkan dari informasi yang didapatkan di langkah ketiga.Pada langkah ini,konsumen menentukan dimana ia akan melakukan pembelian dan bagaimana cara melakukan pembelian (online,langsung,titip dsb),begitu pula mengenai kapan ia akan melakukan pembelian tersebut.
  5. Konsumen melakukan evaluasi pembelian.Pada dasarnya langkah terakhir ini berfokus pada respon psikologis dari konsumen terhadap pembeliannya atau barang/jasa yang dibeli.Pada fase ini konsumen bisa merasa puas,atau tidak jarang juga merasa menyesal terhadap pembelian yang dilakukan.

Banyak faktor yang mempengaruhi individu dalam menjalani proses diatas.Tetapi dengan mengerti perilaku konsumen,anda dapat membantu konsumen melewati proses tersebut secara mudah.Anda bahkan dapat membantu konsumen jika untuk beberapa alasan mereka ragu dalam membuat keputusan.Sebagai pemilik bisnis atau ahli marketing,anda dapat mempengaruhi keseluruhan proses dan tidak hanya sebatas keputusan beli saja.

 


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Consumer Behavior No 2 : Melihat Sekilas Proses Pengambilan Keputusan Konsumen"

Post a Comment