Melalui proses
ini,individu menetapkan tindakan untuk memenuhi kebutuhan yang telah ia
identifikasi.Proses tersebut termasuk didalamnya pikiran,perasaan dan perilaku
individu.Ketika proses tersebut selesai,konsumen dihadapkan pada tugas untuk
menganalisa dan mengolah semua informasi yang akan digunakan untuk memenuhi
kebutuhan.
Untuk memudahkan
penjelasan lebih lanjut,anda dapat berpikir bahwa perilaku konsumen sebagai
sebuah proses yang menentukan kenapa,apa,siapa,kapan dan bagaimana
yang terkait dengan keputusan beli dari konsumen.Perilaku konsumen menjawab pertanyaan
pertanyaan seperti :
Kenapa Konsumen Membeli?
Konsumen melakukan pembelian dikarenakan oleh bermacam-macam alasan.Alasan tersebut termasuk diantaranya
- Untuk menguatkan konsep diri.
- Untuk menjaga gaya hidup mereka .
- Untuk mendapatkan pengakuan dari kelompok
- Untuk mengekpresikan identitas budaya yang mereka miliki.
Apa Faktor Internal dan Eksternal yang
Mempengaruhi Pembelian Mereka?
Setiap
konsumen dipengaruhi secara internal oleh perilaku
diri,kepribadian,persepsi,konsep diri,dan emosi.Konsumen juga harus berhadapan
dengan pengaruh eksternal seperti struktur rumah tangga,kelompok dan kepercayaan
/budaya.
Dari Siapa Mereka Membeli?
Konsumen
membeli dari pelaku bisnis yang mampu memenuhi kebutuhan psikologis mereka (dengan
membuat mereka merasa diterima,dimengerti,dianggap penting dan nyaman).
Kapan Mereka Membeli?
Konsumen
membeli berdasarkan pola konsumsi mereka,yang mana hal ini terkait dengan
siklus hidup keluarga dan struktur rumah tangga.
Bagaimana Mereka Membeli?
Konsumen
melalui proses pengambilan keputusan yang menuntun mereka dalam melakukan
pembelian.Proses pengambilan keputusan ini dilakukan dengan memperhatikan pengaruh
internal dan eksternal yang dimiliki oleh konsumen itu sendiri.
Perilaku
konsumen memberikan informasi yang banyak tentang individu-individu yang
membeli barang dan jasa kita.Ketika kita mengerti konsumen,kita dapat memahami
tentang mereka dan kebutuhan mereka.Bentuk komunikasi spesial ini tidak hanya
meningkatkan kemampuan konsumen untuk memahami nilai dari produk anda,tetapi
juga meningkatkan penjualan.
Konsumen membeli
apa yang mereka mengerti dan sesuatu yang mereka pahami bernilai.Perilaku
konsumen juga memberikan gambaran tentang bagaimana menciptakan strategi
marketing yang efektif.Pada akhirnya,jika anda tidak mengerti tentang
konsumen,bagaimana anda dapat memasarkan produk pada mereka?
Perusahaan
seringkali gagal untuk memahami apa yang konsumen mereka inginkan dan butuhkan jauh
sebelum mereka menciptakan strategi marketing.Mereka tidak memiliki pengetahuan
yang cukup tentang hal-hal apa yang mempengaruhi konsumen mereka.Jadi ingatlah
bahwa evaluasi dan pemahaman terhadap perilaku konsumen selalu didahulukan
sebelum pengembangan atau perencanaan strategi pemasaran.
Konsumen dewasa
ini dihadapkan pada sejumlah pilihan produk,dan kompetisi yang terjadi antar
perusahaan juga begitu sengit.Oleh karenanya memahami perilaku konsumen
merupakan hal yang vital bagi kesuksesan bisnis anda.Ketika anda memahami
konsumen anda lebih baik dibandingkan kompetitor,maka anda akan memiliki
peluang yang lebih baik untuk menang dalam bisnis.
Ketika anda
dilengkapi dengan kemampuan untuk berbicara langsung dan memasarkan secara
langsung kepada konsumen dan apa yang mereka butuhkan,anda akan dapat membantu
mereka melalui proses pengambilan keputusan dan meniadakan pengaruh negatif
yang mungkin mereka alami dalam proses tersebut.
Belum ada tanggapan untuk "Consumer Behavior No 1 : Apa itu Perilaku Konsumen dan Kenapa Hal Tersebut Penting?"
Post a Comment