Consumer Behavior No 1 : Apa itu Perilaku Konsumen dan Kenapa Hal Tersebut Penting?

           
          Perilaku konsumen pada dasarnya menunjukan sebuah studi tentang individu dan tindakan yang mereka lakukan untuk memuaskan kebutuhannya.Kepuasan tersebut berasal dari proses yang terjadi ketika memilih,mendapatkan dan menggunakan produk atau jasa yakni ketika manfaat yang diterima dari proses tersebut setara atau melebihi ekspektasi dari konsumen tersebut.Dengan kata lain,ketika seorang individu menyadari bahwa dia memiliki sebuah kebutuhan,proses psikologis ini akan menjadi awal dari proses pengambilan keputusan oleh konsumen.

Melalui proses ini,individu menetapkan tindakan untuk memenuhi kebutuhan yang telah ia identifikasi.Proses tersebut termasuk didalamnya pikiran,perasaan dan perilaku individu.Ketika proses tersebut selesai,konsumen dihadapkan pada tugas untuk menganalisa dan mengolah semua informasi yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan.

Untuk memudahkan penjelasan lebih lanjut,anda dapat berpikir bahwa perilaku konsumen sebagai sebuah proses yang menentukan kenapa,apa,siapa,kapan dan bagaimana yang terkait dengan keputusan beli dari konsumen.Perilaku konsumen menjawab pertanyaan pertanyaan seperti :

Kenapa Konsumen Membeli?

Konsumen melakukan pembelian dikarenakan oleh bermacam-macam alasan.Alasan tersebut termasuk diantaranya 

  1. Untuk menguatkan konsep diri.
  2. Untuk menjaga gaya hidup mereka .
  3. Untuk mendapatkan pengakuan dari kelompok
  4. Untuk mengekpresikan identitas budaya yang mereka miliki.

Apa Faktor Internal dan Eksternal yang Mempengaruhi Pembelian Mereka?

Setiap konsumen dipengaruhi secara internal oleh perilaku diri,kepribadian,persepsi,konsep diri,dan emosi.Konsumen juga harus berhadapan dengan pengaruh eksternal seperti struktur rumah tangga,kelompok dan kepercayaan /budaya.

Dari Siapa Mereka Membeli?

Konsumen membeli dari pelaku bisnis yang mampu memenuhi kebutuhan psikologis mereka (dengan membuat mereka merasa diterima,dimengerti,dianggap penting dan nyaman).

Kapan Mereka Membeli?

Konsumen membeli berdasarkan pola konsumsi mereka,yang mana hal ini terkait dengan siklus hidup keluarga dan struktur rumah tangga.

Bagaimana Mereka Membeli?

Konsumen melalui proses pengambilan keputusan yang menuntun mereka dalam melakukan pembelian.Proses pengambilan keputusan ini dilakukan dengan memperhatikan pengaruh internal dan eksternal yang dimiliki oleh konsumen itu sendiri.

Perilaku konsumen memberikan informasi yang banyak tentang individu-individu yang membeli barang dan jasa kita.Ketika kita mengerti konsumen,kita dapat memahami tentang mereka dan kebutuhan mereka.Bentuk komunikasi spesial ini tidak hanya meningkatkan kemampuan konsumen untuk memahami nilai dari produk anda,tetapi juga meningkatkan penjualan.

Konsumen membeli apa yang mereka mengerti dan sesuatu yang mereka pahami bernilai.Perilaku konsumen juga memberikan gambaran tentang bagaimana menciptakan strategi marketing yang efektif.Pada akhirnya,jika anda tidak mengerti tentang konsumen,bagaimana anda dapat memasarkan produk pada mereka?

Perusahaan seringkali gagal untuk memahami apa yang konsumen mereka inginkan dan butuhkan jauh sebelum mereka menciptakan strategi marketing.Mereka tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang hal-hal apa yang mempengaruhi konsumen mereka.Jadi ingatlah bahwa evaluasi dan pemahaman terhadap perilaku konsumen selalu didahulukan sebelum pengembangan atau perencanaan strategi pemasaran.

Konsumen dewasa ini dihadapkan pada sejumlah pilihan produk,dan kompetisi yang terjadi antar perusahaan juga begitu sengit.Oleh karenanya memahami perilaku konsumen merupakan hal yang vital bagi kesuksesan bisnis anda.Ketika anda memahami konsumen anda lebih baik dibandingkan kompetitor,maka anda akan memiliki peluang yang lebih baik untuk menang dalam bisnis.

Ketika anda dilengkapi dengan kemampuan untuk berbicara langsung dan memasarkan secara langsung kepada konsumen dan apa yang mereka butuhkan,anda akan dapat membantu mereka melalui proses pengambilan keputusan dan meniadakan pengaruh negatif yang mungkin mereka alami dalam proses tersebut. 


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Consumer Behavior No 1 : Apa itu Perilaku Konsumen dan Kenapa Hal Tersebut Penting?"

Post a Comment