Public Administration No 5 "Pengertian Administrasi Pembangunan"


Oleh : Prof.Dr.Sondang P. Siagian

Administrasi pembangunan meliputi dua pengertian,yaitu ; Pertama  tentang  administrasi dan kedua,tentang pembangunan.

Administrasi adalah keseluruhan proses pelaksanaan daripada keputusan-keputusan yang telah diambil dan pelaksanaan itu pada umumnya dilakukan oleh dua orang manusia atau lebih untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.Disisi lain,

Pembangunan didefinisikan sebagai suatu usaha atau rangkaian usaha pertumbuhan dan perubahan yang berencana yang dilakukan secara sadar oleh suatu bangsa,negara dan pemerintah menuju modernitas dalam rangka pembinaan bangsa (nation building).

Apabila definisi tersebut diatas dianalisa lebih lanjut,akan terlihat beberapa ide pokok yang sangat penting diperhatikan apabila seseorang berbicara tentang  pembangunan.

Pertama,Bahwa pembangunan merupakan suatu proses.Proses berarti suatu kegiatan yang terus menerus dilaksanakan meskipun sudah barang  tentu bahwa proses itu  dapat dibagi dan biasanya memang dibagi menjadi tahap-tahap tertentu yang berdiri sendiri (indipendent phase of a process).Pentahapan itu dapat dibuat berdasarkan jangka waktu,biaya atau hasil tertentu yang  diharapkan akan diperoleh.

Kedua,bahwa pembangunan merupakan usaha yang secara sadar dilaksanakan.Jika ada kegiatan yang kelihatanya nampak seperti pembangunan,akan tetapi sebenarnya tidak dilaksakan secara sadar dan timbul hanya secara insidentil di masyarakat,tidaklah digolongkan kepada kategori pembangunan.

Ketiga,bahwa pebangunan dilakukan secara berencana dan perencanaan itu berorientasi kepada pertumbuhan dan perubahan.

Keempat,bahwa pembangunan mengarah kepada modernitas.Modernitas disini diartikan sebagai cara hidup yang baru dan lebih baik daripada sebelumnya serta kemampuan untuk lebih menguasai alam lingkungan dalam rangka usaha peningkatan kemampuan swa sembada dan mengurangi ketergantungan pada pihak lain.Memang salah satu ciri masyarakat yang telah mencapai tingkat modernitas yang  tinggi ialah bahwa masyarakat itu makin dapat melepaskan diri dari tekanan dan kekangan alam dan bahkan menguasai alam sekililingnya.

Kelima bahwa modernitas yang dicapai melalui pembangunan itu bersifat multi dimensi.Artinya bahwa modernitas itu mencakup aspek kehidupan bangsa dan negara,terutama aspek politik,ekonomi,sosial budaya,pertahanan dan keamanan nasional dan administrasi.

Keenam,bahwa kesemua hal yang disebutkan dimuka ditujukan kepada usaha membina bangsa (nation building) yang terus menerus harus dilaksanakan dalam rangka pencapaian tujuan bangsa dan negara yang telah ditentukan sebelumnya.

Dengan pengertian-pengertian tersebut sebgai  titik tola,penulis kini akan memberikan definisi kerja (working definition) daripada administrasi pembangunan.Administrasi pembangunan adalah “seluruh usaha yang dilakukan oelh suatu masyakat untuk memperbaiki tata kehidupanya sebgai suatu bangsa dalam berbagai aspek kehidupan bangsa tersebut dalam rangka usaha pencapaian yang telah ditentukan”.

Dengan demikian kiranya jelas bahwa suatu bangsa yang sedang membangun tidak mungkin dan tidak boleh melakukan tindakan-tindakan yang menunjukan bahwa bangsa itu bersikap acuh tak acuh kepada pembangunan.Menyerahkan kegiatan-kegiatan pembangunan itu hanya kepada pemerintah adalah sesuatu yang perlu dicegah.Pada hakekatnya,partisipasi seluruh masyarakat (scietal participation) merupakan salah satu tugas  kewajiban setiap anggota masyarakat.

Dalam pada itu,memang harus diakui bahwa peranan pemerintah dalam kegitan kegiatan pembangunan adalah sangat penting dan menentukan.Meskipun peranan pemerintah itu demikian pentingnya,namun seluruh unsur masyakat harus turut serta jika proses pembangunan itu hendak berjalan lancar.

Dikutip dari : Buku Administrasi Pembangunan (hal 2-4)


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Public Administration No 5 "Pengertian Administrasi Pembangunan""

Post a Comment