Management No 5 Siapakah Manager Itu ? Mari Berkenalan Dengan Para Manajer

Siapakah manajer itu? Ketika kita berpikir tentang seorang manager hal yang pertama kita pikirkan adalah seorang yang menduduki posisi tertentu dalam suatu organisasi/perusahaan.Hal ini memberikan kita sedikit gambaran mengenai peran dan tanggung-jawab mereka namun gambaran ini tidaklah lengkap karena ia hanya menggambarkan sebagian kecil dari fungsi manajemen yang sebenarnya.

Kita harus menyadari bahwa pada perkembanganya terdapat perbedaan pandangan mengenai management/manajer dan perannya dalam organisasi.Jika pandangan tradisional melihat proses manajemen dalam organisasi merupakan suatu hubungan yang bersifat hirarkis dari manajemen pusat hingga ke level karyawan  maka pada pandangan modern Top Manager (Manager puncak) ikut mendukung dan melayani manager lain dan pekerja melalui suatu proses yang dikenal sebagai delegasi wewenang (Empowerment).

Empowerment (Delegasi Wewenang) pada dasarnya adalah suatu proses untuk memungkinkan atau memberikan kewenangan kepada individu untuk berpikir,bersikap,bertindak dan mengurus pekerjaan dan membuat keputusan secara mandiri.

Meskipun terdapat perbedaan pandangan antara sudut pandang modern dan klasik kedua pandangan management tersebut mengakui adanya beberapa tipe-tipe dari manajer.Beberapa tipe manajer yang ada dikedua pandangan tersebut antara lain :

  • Top Managers adalah Mereka yang bertanggung jawab untuk membuat strategi perusahaan dan melaksanakan visi serta misi perusahaan.Pada lapis kedua terdapat Fungsional,Team dan General Manager (GM).
  • Functional Manager adalah Manajer yang bertanggung jawab terhadap efisiensi dan efektivitas dari suatu area yang menjadi tugasnya seperti bagian pemasaran atau produksi.
  • Supervisory atau Team Manager adalah Manajer yang bertanggung jawab untuk menangani satu kelompok orang yang sebenarnya merupakan bagian dari fungsi tertentu (seperti pemasaran,produksi dll) namun dijadikan satu kelompok kecil karena tujuan tertentu Misal sebagai team crisis managemen,team pengembangan produk baru,dll (sifat kelompok ini biasanya sementara sampai tujuanya selesai dan jika selesai mereka akan kembali pada pos awal mereka)

Di perusahaan sendiri terkadang kita juga mengenal istilah Line Manager dan Staff Manager apa perbedaan diantara keduanya?Perbedaanya adalah sebagai berikut

  • Line Manager adalah Manager yang bertanggung jawab langsung terhadap keuntungan perusahaan.Kita contohkan Line Manager untuk perusahaan seperti Indofood misalnya,maka ia adalah Manajer yang bertanggung jawab langsung pada urusan produksi,pemasaran dan keuntungan dari produk-produk indofood seperti mie contohnya”.
  • Berkebalikan dengan line manager seorang Staff Manager adalah Manajer yang bertugas untuk menjalankan fungsi yang dampaknya tidak langsung terhadap produk/servis perusahaan.Kita misalkan seperti ini,fungsi Accounting dan Finance adalah fungsi yang penting untuk perusahaan namun fungsi ini tidaklah memiliki kontribusi langsung terhadap produk atau jasa yang perusahaan berikan.Fungsi Accounting dan Finance disini adalah fungsi pendukung
  • Project Manager (Manajer Proyek) adalah “seorang yang memiliki tanggung jawab untuk merencanakan,menjalankan dan menutup suatu proyek.Project Manager sering ditemukan di bidang jasa konstruksi,arsitektur,konsultan,komputer jaringan,Telekomunikasi atau pengembangan software
  • General Manager (GM) adalah Seorang yang bertanggung jawab untuk menangani unit-unit yang menghasilkan keuntungan seperti sebuah toko,unit bisnis,atau jalur produksi.

General Manager biasanya diharuskan untuk membuat keputusan yang mencakup beberapa fungsi yang berbeda dalam perusahaan dan mendapatkan pendapatan yang tergantung dari keseluruhan unit kerjanya (Unit kerja yang dimaksud adalah toko,unit bisnis,jalur produksi dll).General manager mendapatkan arahan dari Top executives (top manager).Seorang General Manager harus benar-benar mengerti rencana keseluruhan dari top manager bagi perusahaan.Kemudian,mereka harus menetapkan suatu ukuran keberhasilan (goals) yang sesuai dengan  rencana besar yang dimiliki oleh top manager.Seorang General Manager harus menjelaskan secara gamblang apa yang menjadi tujuanya pada para staffnya.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Management No 5 Siapakah Manager Itu ? Mari Berkenalan Dengan Para Manajer"

Post a Comment